Sumber Tutorial : http://www.the-lizart.net/2013/01/as-far-as-i-can.html
Pada kesempatan kali ini kembali lagi saya share tutorial Photoshop yang saya juduli 'As Far As I Can'.Karena sedang ada beberapa masalah dengan RAM PC saya, so tutorial kali ini tidak dalam bentuk video tetapi dalam bentuk tulisan.Berikut adalah beberapa stock yang saya gunakan
- Walking Away
- Foggy Railroad
- Sky
STEP 1
Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah membuat lembar kanvas baru dengan ukuran Widht: 1500 pixels dan Height: 1250 pixels.
Kemudian buka stock rel kereta api dan stock awan yang sudah sobat download.Masukan pada lembar kanvas yang sudah kita buat tadi dengan cara men-dragnya pada lembar kanvas.
Sesuaikan posisinya menggunakan Move Tool seperti berikut.
STEP 2
Letakkan layer awan di bawah layer rel kereta api.
Selanjutnya, gunakan Rectangular Marque Tool untuk membuat seleksi.Perlebar daerah embun pada layer rel kereta api dengan Move Tool
STEP 3
Hapus sedikit demi sedikit bagian embun yang sudah kita perlebar pada Step 2 tadi menggunakan Soft Eraser Tool dengan Oppacity 30%.Goreskan Soft Eraser Tool sedikit demi sedikit sehingga layer awan akan nampak remang-remang.
Setelah sobat mendapatkan penampakan seperti pada gambar di atas, merge semua layer
STEP 4
Selanjutnya, kita akan menambahkan objek di atas layer Background.Pertama-tama, buka stock model yang sudah sobat download sebelumnya.Hilangkan tampilan backgroundnya dengan seleksi menggunakan Pen Tool.Setelah itu drag pada lembar kanvas dan atur posisinya seperti berikut
STEP 5
Sembunyikan terlebih dahulu layer model.Tambahkan layer Gradient Map di atas layer Background, kemudian ubah mode layer gradient map yang baru saja kita buat menjadi Hard Light dengan Oppacity 90%.
Setelah itu tambahkan layer Hue / Saturtion dengan nilai Hue: 0, Saturtion: -50, Lightness: 0 di atas layer Gradient Map tadi,
STEP 6
Oke, kita akan mencoba menambahkan lighting effect pada layer background untuk menciptakan suasana yang dramatis.Masih dalam keadaan layer model yang tersembunyi(visible), klik kanan layer Background kemudian klik 'Convert to Smart Object'.
Setelah itu klik Filter > Render > Lighting Effect
STEP 7
Setelah menerapkan Lighting Effect, selanjutnya kita akan melakukan dodging dan burning pada layer Background.Pertama-tama, buat layer baru di atas layer Background.Klik kanan, plih Create Clipping Mask.Kemudian klik Menu Edit > Fill, ature use menjadi 50% Gray, Blending: Overlay, Oppacity 100%.Klik OK, Setelah itu ubah Oppacity layer fill ini menjadi Overlay
Lakukan dodging dan burning seperti berikut
STEP 8
Next, tampilkan kembali layer model.Tambahkan layer Hue / Saturtion di atas layer model (Create Clipping Mask), dengan pengaturan Hue: 0, Saturtion: -38 dan Lightness: 0
STEP 9
Kali ini, kita akan membuat bayangan untuk layer model.Gandakan layer model, maka akan terbentuk layer model baru di atas layer model lama.Pilih layer model lama kemudian klik Image > Adjustment > Hue / Saturtion, turunkan Lightness menjadi -100, klik OK.
Klik Edit > Transform > Flip Vertical.Setelah itu gunakan fitur Distort pada menu Edit > Transform untuk mengatur posisi bayangan.Kemudian klik Filter > Blur > Gaussian Blur, atur radius menjadi 10, klik OK, kemudian ubah Oppacity layer bayangan menjadi 65%, dengan mode Multiply
STEP 10
Klik kanan pada layer model, klik Blending Options, pilih Inner Shadow
STEP 11
Next step, kali ini kita akan melakukan dodging dan burning pada layer model.Buat layer baru di atas layer model, langkah-langkahnya seperti pada saat kita melakukan dodging dan burning layer Background pada Step ke 7 (Jangan lupa untuk merubah mode layer menjadi Clipping Mask)
Lakukan dodging dan burning pada layer model sedemikian rupa sehingga menghasilkan penampakan seperti berikut
STEP 12
Kita lanjut....Buat layer baru, letakkan di bagian paling atas.Kali ini kita akan bereksperimen membuat efek sinar untuk layer model.Gunakan Soft Brush Tool dengan Foreground Color #fed78c untuk menciptakan efek seperti berikut,
Kemudian ubah mode layer menjadi Screen dengan Oppacity 80%, dan hapus beberapa bagian yang tidak di perlukan menggunakan Soft Brush Tool dengan Oppacity 30%
STEP 13
Selanjutnya, kita akan membuat efek lens flare.Pertama-tama, buat layer baru di atas layer yang kita buat pada Step 13 tadi.Fill dengan menggunakan Paint Bucket tool dengan foreground color #000000.Kemudian klik Filter > Render > Lens Flare, klik OK.
Ubah mode layer menjadi Screen, dan turunkan Oppacity menjadi 70%
STEP 14
Klik layer model, kemudian klik menu Image > Adjustment > Color Balance.
Klik kembali Image > Adjustment > Hue / Saturtion pada layer model, turunkan lightness menjadi 18%
STEP 15
Buat layer Gradient Map di atas layer model, ubah modenya menjadi Color Burn, Oppacity 30%
STEP 16
Step terakhir, kita akan menambahkan lagi light effect.Merge terlebih dahulu semua layer kemudian Klik Filter > Render > Light Effect
Polesan terakhir, gandakan layer yang baru saja kita merge.Di sini kita akan menambahkan efek Variations agar gambar lebih menarik.Klik Image > Asjustment > Variations, sobat dapat memilih variasi warna sesuai selera.Di sini saya memilih More Blue, kemudian More Magenta, klik OK.Ubah modenya menjadi Darker, Oppacity 55%
Selesai, berikut adalah hasil akhirnya.............