Home » » Khasiat Undur-Undur

Khasiat Undur-Undur



Jika dikatakan bahwa segala penyakit yang ada di dunia pasti ada obatnya, memang benar adanya. Dahulu, digembar-gemborkan bahawa ada penyakit yang belum ditemukan obatnya sampai saat ini, yaitu virus HIV/AIDS. Namun, sekarang, virus tersebut dapat ditumpas dengan kulit manggis.

Pada dasarnya, slogan tentang penyakit yang tidak bisa disembuhkan hanyalah masalah waktu, dan ilmu pengetahuan saja. Sebab, di antara cintaan Tuhan di bumi ini memiliki banyak manfaat bagi manusia, terutama masalah kesehatan.

Bahkan, yang sebelumnya tanpa kita sadari, terdapat beragam sumber pengobatan. Ada kalanya, sesuatu yang sangat berguna menumpas penyakit disepelekan. Bukan hanya karena bentuknya yang kecil, tetapi habitatnya yang jarang kita pikirkan. Apalagi, kalau bukan hewan serangga kecil bernama undur–undur.

Serangga ini merupakan satu di antara hewan yang sangat ampuh, menumpas berbagai penyakit dalam. Cina, yang terkenal dengan pengobatan tradisionalnya, juga mengakui hal tersebut. Terutama pada pengobatan penyakit diabetes.

Tidak hanya itu, setelah banyak dijadikan ramuan kesehatan, undur–undur juga dapat mengatasai penyakit stroke, darah tinggi, rematik, asma, asam urat, pegal linu dan menurunkan kolesterol.

Selain itu, serangga ini bermanfaat bagi penyembuhan penyakit malaria, migrain dan tifus. Bahkan, jika dikonsumsi rutin, dapat membuat daya tubuh meningkat.

Khasiat yang luar biasa tersebut tidak lain, karena di dalam tubuh undur–undur terdapat zat sulfonylurea. Menurut sejumlah penelitian, zat ini dapat melancarkan kerja pancreas dalam memproduksi insulin. Insulin inilah yang bertugas menekan kadar glukosa yang berlebih agar tidak menjadi diabetes.