Home » » 10 artikel paling banyak dibaca di Wikipedia Indonesia

10 artikel paling banyak dibaca di Wikipedia Indonesia

 
Wikipedia, esiklopedia daring ilmu pengetahuan miliki jutaan artikel dari ribuan kontributor. Lantas artikel apa saja yang popular di Wikipedia Indonesia, berikut 10 diantaranya.


Wikipedia memang tidak secara resmi merilis 10 artikel terlaris atau artikel paling banyak dibaca penggunanya. Adalah Johan Gunarsson ahli piranti lunak asal Swedia yang melakukannya.
Lantas darimana ia memeroleh data tersebut? Johan Gunarsson mendapatkan source ini dari log files situs ensiklopedia daring ini. Memang Wikipedia mengizinkan untuk mengakses log files tersebut.
Alhasil Johan Gunarsson bisa dengan meudah menentukan artikel apa saja yang paling sering dibaca pengguna Wikipedia. Tak hanya 10, ia bahkan membuat list 100 artikel paling laris di Wikipedia di hampir semua negara yang mendukung bahasa nasional masing-masing.
Dan berikut 10 artikel paling banyak dibaca di Wikipedia Indonesia:
  1. Facebook.
  2. Indonesia.
  3. Youtube.
  4. Sepak Bola.
  5. Bola Voli.
  6. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
  7. Bola Basket.
  8. Sejarah Indonesia.
  9. Budaya.
  10. Soekarno.
Bagaimana dengan Wikipedia global atau Wikipedia dalam Bahasa Inggris? Berikut 10 artikel terlaris:
  1. Facebook.
  2. Wiki.
  3. Deaths in 2012.
  4. One Direction.
  5. The Avengers (2012 film).
  6. Fifty Shades of Grey.
  7. 2012 phenomenon.
  8. The Dark Night Rises.
  9. Google.
  10. The Hunger Games.
Pertanyaannya sekarang, mengapa di Wikipedia global dan Indonesia, kata ‘Facebook’ menempati urutan teratas? Ada dua asumsi.
Pertama, pengguna mungkin tersesat. Jika mereka menelusuri kata ‘Facebook’ di mesin pencari, maka artikel yang mereka baca dikira situs asli.
Kedua, bisa saja pengguna penasaran dengan jejaring sosial popular tersebut. Mengapa bisa sukses, siapa pendirinya, dan bagaimana sejarahnya. Alhasil, artikel Facebook laris.